Mbotenbook :: Dictionary Of Share

welcome to our blog

We are Magcro

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: Unknown Posted date: 6:03 AM / comment : 0

     Bahaya petasan mungkin semua orang sudah mengetahuinya, namun tetap saja barang ini mudah ditemukan di mana-mana, khususnya saat bulan Ramadhan. Anak-anak pun seringkali memainkan petasan tanpa menyadari bahaya yang mengintai dibaliknya. Selain berbahaya, petasan juga cukup mengganggu ketenangan orang.

    Berikut ini beberapa cara jika anak mulai bermain petasan:
    • Jangan biarkan anak-anak bermain petasan sendiri. Permainan ini terlalu bahaya bagi anak terlebih jika mereka tidak membaca cara penggunaannya.
    • Selalu mengingatkan untuk membaca cara penggunaan ketika bermain petasan.
    • Beritahukan bahaya permainan petasan. Selain bisa membuat anggota tubuh terluka jika terkena petasan, juga membuat orang kaget sampai bisa berakibat fatal.
    • Sebagai pengganti petasan, Anda bisa memberikan kembang api. Walaupun cukup aman bagi anak, Anda harus tetap memperhatikan keselamatan anak. Seperti memastikan jarak kembang api tidak terlalu dengan dengan anak-anak, menyuruhnya bermain kembang api di tempat terbuka, dan jangan memegang kembang api yang sedang menyala atau baru saja mati.
    • Jauhkan juga kembang api dan petasan dari sesuatu yang mudah terbakar.
    • Jika anak tetap bermain petasan di sembarang tempat bahkan sampai membuat kesal orang lain, Anda bisa menghukumnya. Namun jangan sampai menghukumnya dengan kekerasan ataupun kata-kata kasar, bisa dengan memotong uang jajan dan hukuman lainnya.

      Jika mengalami cedera mata jangan biarkan anak menyentuh atau menggosok mata, karena hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Dan juga jangan membilas mata dengan air atau berusaha memberikan salep di atasnya.
      Tapi segera mencari bantuan medis agar tidak membahayakan penglihatannya. Kembang api dinyalakan untuk merayakan sesuatu dan agar bisa dinikmati oleh siapa saja. Untuk itu bermainlah kembang api dengan aman, sehingga tidak menimbulkan bencana sesudahnya.  Anak-anak memang tak mengerti tentang keamanan dan keselamatan bila bermain yang berbahaya. Anak tak tahu mana yang berbahaya dan tidak berbahaya. Yang anak-anak tahu itu adalah sebuah mainan yang bisa membuat mereka senang, termasuk bermain kembang api. Sebab, jika anak dibiarkan bermain kembang api dan petasan, bisa sangat berisiko terluka dan juga bisa membuat rumah terbakar.
      Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat… Amien


      http://melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=2012_Anak-Dan-Bahaya-Petasan
      http://chanailufar.wordpress.com/2011/07/21/bahaya-petasan-untuk-anak-anak/

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says