Mbotenbook :: Dictionary Of Share

welcome to our blog

We are Magcro

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: Unknown Posted date: 10:43 PM / comment : 0



    A.      Komponen

    1.      Client, yaitu terminal atau interface dimana para user duduk dan mengakses layanan yang disediakan provider. Terdiri atas tiga tipe, yaitu thin (client yang tidak memiliki hard drive internal), thick(komputer personal pada umumnya) dan mobile (seperti PDA, Smartphone dan lain sebagainya).
    2.      Datacenter, yaitu server dimana aplikasi yang kita jalankan sebagai layanan berada.
    3.      Distributed Server, yaitu server yang posisinya “berdekatan secara virtual” meskipun sebenarnya letaknya berjauhan. Biasanya digunakan karena kepraktisannya dan fleksibilitas. Berarti jika kita memerlukan server tambahan, kita tinggal memasukkannya ke sistem cloud kita saja (attach).
    Komponen-Komponen Cloud Computing

    B.     Batas Sistem
    Aplikasi cloud computing sangat praktis dan tak terbatas. Dengan middleware yang tepat, sebuah sistem cloud computing bisa menjalankan semua program komputer. Klien akan dapat mengakses aplikasi dan data mereka dari mana saja setiap saat. Mereka bisa mengakses sistem cloud computing dengan menggunakan komputer yang terhubung ke internet. Data tidak akan terbatas pada hard drive pada komputer seorang pengguna atau bahkan jaringan internal perusahaan.

    C.    Lingkungan Luar
    Komputer yang dapat terhubung haruslah memiliki akses internet sehingga Cloud system masih terkendala oleh Penetrasi infrastruktur internet yang bisa dibilang masih terbatas.  Kemudian sebuah server juga merupakan suatu envirotmen yang sangat vital pada system ini. Tingginya investasi yang dibutuhkan menyediakan layanan cloud ini, karena harus merupakan kombinasi antara infrastruktur jaringan, hardware dan software sekaligus.

    D.    Penghubung
    Penghubung yang sangat berperan pada cloud system adalah internet. Internet dapat menghubungkan semua komponen mulai  dari  Client yaitu terminal atau interface dimana para user duduk dan mengakses layanan yang disediakan provider, Datacenter, yaitu server dimana aplikasi yang kita jalankan sebagai layanan berada, dan Distributed Server.

    E.     Pengolahan
     Beberapa layanan yang ada pada Cloud system :

    1.      SaaS (Software as a Service) yaitu layanan untuk menyediakan sebuah aplikasi.
    2.      PaaS (Platform as a Service) yaitu layanan untuk menyediakan platform untuk membangun sebuah aplikasi untuk tujuan tertentu.
    3.      IaaS (Infrastructure as a Service) yaitu layanan untuk menyediakan infrastruktur hardwareberupa processing power, server dan storage.
    F.     Keluaran
    Keluaran yang dihasilkan Cloud system berupa data atau informasi yang telah dimasukan dan dioleh oleh user itu sendiri. Sistem cloud dapat mengolah suatu data menjadi informasi sesuai yang diinginkan user itu sendiri.
    Contoh : Google Form, untuk membuat suatu kuisioner yang dapat disebarkan secara online dan diolah menjadi informasi berupa table dan diagram.

    G.    Tujuan
    Cloud system bertujuan untuk memudahkan user untuk dapat menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali  suatu data yang dapat diakses secara online. Klien akan dapat mengakses aplikasi dan data mereka dari mana saja setiap saat. Mereka bisa mengakses sistem cloud computing dengan menggunakan komputer yang terhubung ke internet. Cloud system membuat aplikasi berjalan lebih cepat, dengan pengelolaan yang lebih mudah dan dengan pemeliharaan yang minim, dan juga memungkinkan operator TI lebih cepat menyesuaikan sumber daya TI (seperti server, storage, dan jaringan) untuk memenuhi permintaan bisnis yang fluktuatif dan tak terduga.

    Tagged with:

    Next
    Newer Post
    Previous
    Older Post

    No comments:

    Leave a Reply

Comments

The Visitors says